Cara Membuat Kolam Terpal Bioflok


Cara Membuat Kolam Terpal Bioflok

Anda bisa menggunakan sistem bioflok sebagai teknologi budidaya udang vaname. Ada banyak kelebihan penggunaan sistem bioflok yang akan kalian rasakan. Sistem bioflok merupakan teknologi yang dapat Anda pakai sebagai cara untuk melakukan produksi secara stabil dan memiliki nilai berkelanjutan.


Banyak orang mungkin belum memahami kelebihan dari sistem bioflok. Padahal sistem bioflok membuat udang rasanya menjadi lebih gurih dan enak. Anda jangan mengabaikan kelebihan ini karena ini yang membuat udang bisa terjual laris.

Sistem bioflok merupakan proses dari nitrifikasi yang dapat dengan mudah melakukan pengurasan atau pergantian air. Budidaya udang dengan teknologi bioflok mengandalkan mikroorganisme yang dijadikan sebagai sumber produktivitas untuk mencegah berbagai macam penyakit.

Kelebihan dari budidaya udang menggunakan teknologi bioflok ialah lebih sehat dan udangnya lebih gurih karena menggunakan mikroorganisme sebagai pakan dari udangnya. Teknologi bioflok menyediakan sumber filtrasi sebagai perbaikan produk limbah nitrogen.


Teknologi bioflok memang merupakan budidaya yang membutuhkan banyak aerasi. Apabila Anda tidak memperhatikan keseimbangan mikroorganisme, maka akan banyak mengganggu kesehatan udang bahkan meningkatkan angka kematian udang.



Kelebihan teknologi bioflok ialah hasil udangnya lebih gurih. Anda bisa menerapkan beberapa cara teknologi sebagai berikut ini:


1. Pembuatan Kolam Udang pada Teknologi Bioflok

Anda bisa menggunakan kolam terpal bulat sebagai solusi lebih hemat lahan dalam melakukan budidaya udang menggunakan teknologi bioflok. Anda juga bisa memanfaatkan lahan di pekarangan rumah atau lahan sempit lainnya untuk membuat usaha udang.

Jangan lupa Anda menutup atas dari kolam terpal sehingga teknologi pembesaran udang dengan sistem bioflok bisa lebih baik. Anda juga harus menyediakan aerator sebagai penghasil gelembung udara di dalam kolam.





2. Persiapan Air Budidaya Udang

Anda juga perlu melakukan persiapan air untuk melakukan pembesaran udang teknologi bioflok. Persiapan air teknologi bioflok yang perlu Anda lakukan ialah sebagai berikut:


  • Masukkan air hingga setinggi 80 hingga 100 cm. Kemudian masukkan probiotik atau bakteri pathogen jenis POC BMW 5 ml/m3 di toko penyedia budidaya paling dekat.

  • Campurkan dengan bakteri prebiotic tetes tebu molase dengan sistem dosis sebanyak 250 ml/m3, kemudian tambahkan dengan dolomit sebanyak 150 hingga 200 cc saat malam hari. Kemudian Anda bisa mengambil airnya saja.

  • Biarkan selama 7 sampai 10 hari sehingga bisa menumbuhkan bakteri mikroorganisame dengan baik.

  • Penebaran Bibit Udang

  • Anda bisa membeli bibit udang vaname yang berkualitas dari pembudidaya udang yang sudah lebih professional untuk teknologi bioflok tambak udang. Anda jangan membiarkan ukuran bibit udang menjadi berbeda-beda. Pastikan Anda membeli bibit udang yang ukurannya sama besar sehingga tidak menimbulkan kanibalisme.

  • Pemberian Pakan Budidaya Udang

  • Anda harus selalu mengecek aerator kolam dalam teknologi bioflok tambak udamg, jangan sampai mati karena akan menghambat saluran air. Pakan dari teknologi bioflok memang sudah tersedia dengan baik. Pemberian pakan juga bisa disesuaikan. Anda bisa memberikannya ketika pagi dan sore dengan memperkirakan perut udang.

  • Tapi jika sudah mulai terbentuk flok, kurangi pemberian pakan karena itu pakan alami. Anda dapat memperhatikan ini agar pembesaran udang dengan teknologi bioflok bisa terlaksana dengan baik.





    Pembesaran Udang Vaname di Kolam Terpal

    Anda bisa melakukan pembesaran udang vaname dengan teknologi bioflok menggunakan kolam terpal bulat. Pasti dari Anda ada yang perlu tahu, mengapa kita harus menggunakan kolam terpal. Ada beberapa kelebihan penggunaan kolam terpal yang perlu Anda tahu. Kelebihan tersebut ialah sebagai berikut:


    1. Kelebihan dalam Hal Penghematan

    Kolam terpal lebih hemat daripada kolam lain. Kolam lain membutuhkan proses pengerjaan, sedangkan kolam terpal Anda bisa beli jadi dan siap pakai. Penghematan ialah kunci utama dari sebuah usaha. Jangan Anda merasa bahwa Anda sudah melakukan penghematan jika memang belum menggunakan kolam terpal.


    Anda harus memperhitungkan kelebihan kolam terpal dari segi penghematan. Kelebihan ini dapat membuat Anda yakin menggunakan kolam terpal. Jangan biarkan Anda termangu-mangu dengan kondisi yang tidak stabil. Pastikan Anda menggunakan kolam terpal agar tahu kelebihan yang ada.





    2. Kelebihan dalam Hal Perawatan

    Anda harus memperhatikan kebersihan kolam udang, terlebih jika menggunakan teknologi bioflok. Anda harus sering menguras dan memanen dengan cara yang benar. Anda sebaiknya menggunakan kolam terpal karena akan memudahkan Anda dalam hal urusan perawatan.


    Selain kelebihan perawatan, sebenarnya Anda akan mendapatkan banyak kelebihan lain yang berhubungan dengan keawetan dari sistem bioflok dengan kolam terpal. Salah satunya ialah kesehatan udang akan lebih terjaga.]





    3. Kelebihan dalam Hal Waktu

    Anda bisa mengelola waktu dengan baik. Terutama bagi Anda yang ingin membuat kolam pembesaran udang lebih dari satu kolam. Anda membutuhkan waktu yang lebih singkat untuk mengaplikasikan teknologi bioflok dengan menggunakan kolam terpal. Bayangkan jika menggunakan kolam beton, tentu akan menjadi lebih lama.

    Kelebihan dalam hal menyingkat waktu ialah kelebihan yang harus ada, sebab semua memang membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Jangan abaikan kelebihan waktu ini.

    Selain penggunaan kolam terpal. Kolam terpal pun terbagi ke beberapa bentuk. Ada yang kotak dan bundar. Sebaiknya Anda menggunakan kolam terpal bulat karena banyak sekali kelebihannya.



    Adapun kelebihan penggunaan kolam terpal bulat ialah sebagai berikut :

    1. Tidak Ada Garis Lancip atau Putus

    Kolam terpal bulat tidak memiliki garis lancip atau putus seperti kotak karena ada sikunya. Siku pada kolam akan membuat udang kurang bisa bergerak bebas. Alhasil saling tubruk dan mati. Anda harus memperhatikan ini sebagai solusi udang agar tetap hidup hingga masa panen.




    2. Kolam Terpal Bulat Lebih Simpel

    Kolam terpal bulat lebih simpel dibawa kemana-mana. Anda juga bisa menambahkan beberapa kolam jika dirasa satu kolam saja sudah jalan. Anda bisa menggunakan kolam terpal bulat sebagai sarana pembesaran udang dengan baik.




    3. Harga Kolam Terpal Bulat Lebih Murah

    Anda bisa melakukan perbandingan harga, biasanya kolam terpal bulat harganya lebih murah. Sehingga Anda bisa menjadikan kolam terpal bulat sebagai sarana pembesaran udang. Anda juga bisa lebih irit pengeluaran.




    Adapun biaya dan daftar harga dari kolam terpal di lapak termurah ini ialah sebagai berikut:


  • Kolam terpal diameter 1 meter dijual dengan harga Rp 1 juta*

  • Kolam terpal diameter 2 meter dijual dengan harga Rp 1,5 juta*

  • Kolam terpal diameter 3 meter dijual dengan harga Rp 2 juta*

  • Kolam terpal diameter 4 meter dijual dengan harga Rp 2,5 juta*





    Adapun spesifikasi dari kolam terpal bulat yang perlu Anda ketahui ialah sebagai berikut :


  • Bahan terbuat dari tarpaulin karet.

  • Memiliki diameter seluas 1 meter, 2 meter, 3 meter, dan 4 meter,

  • Rangka besi terbuat dari wiremesh.

  • Pelapis rangka terbuat dari zinch yang sifatnya anti karat.

  • Rangka plat L, baut, dan mur kuat

  • Terdapat rangka besi atas sebagai pelindung

  • Terdapat talang luar pada terpal.

  • Pipa sambungan dan water flow kuat.

  • Saringan berfungsi dengan baik

  • Kabel ties awet.



    Bagaimana cukup mudahkan budidaya udang vaname dengan teknologi bioflok ?

    Banyak sekali kelebihan dari penggunaan sistem ini. Anda harus yakin bahwa budidaya udang juga akan berhasil. Terlebih jika Anda menggunakan kolam terpal bulat yang lebih awet dan bisa berfungsi dengan baik 
  • *:harga tidak selalu sama untuk setiap daerah.
  • Komentar

    1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
      hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
      ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
      untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
      terimakasih ya waktunya ^.^

      BalasHapus

    Posting Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Perubahan Warna Air pada kolam udang Vaname

    Panduan budidaya udang vaname air tawar Dan Perbandingan Pertumbuhan Budidaya Udang Vaname di Lingkungan Tambak Air Payau dan Tambak Air Tawar