13 jenis ikan cupang yang paling diminati.

Ikan Cupang adalah ikan air tawar yang habitat asalnya adalah beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan Vietnam. Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya(teritorial).

Dikalangan para perternak sendiri banyak jenis-jenis ikan cupang yang menjadi incaran para penghobi ikan cupang,
13 jenis cupang yang paling banyak diminati penghobi antara lain:

1.Betta splendens
Betta splendens selain sebagai cupang hias, betta splendes merupakan jenis adu terutama jenis yang lama. menurut catatan ikan ini telah dibudidayakan sejak tahun 1970.
Nama ilmiah: Betta splendens
Lama hidup: 3 – 5 tahun (Di penangkaran)
Spesies: B. splendens
Panjang: 7 cm (Dewasa)


2.Betta imbellis
Betta imbellis adalah sejenis cupang yang terdapat Medan Indonesia dan Malaysia yang memiliki bentuk tubuh silinder dan memiliki warna tubuh hijau tua atau biru cemelang, kepalanya berbentuk bulat panjang dan berwarna hitam legam. Sirip ingsang berwarna hitam transparan.
Nama ilmiah: Betta imbellis


3.Betta smaragdina
Betta smaragdina, cupang hijau zamrud, cupang biru atau ikan Mekong, Thailand: ปลา กัด เขียว atau ปลา กัด อีสาน adalah spesies ikan cupang asli Thailand dan Laos, di mana mereka ditemukan di cekungan sungai Mekong, sungai Chao Phraya sebagian besar ditemukan di sungai mun dan Chi di wilayah Isan, Thailand.
Nama ilmiah: Betta smaragdina


4.Betta mahachaiensis
Betta mahachaiensis, adalah spesies ikan bertelur gelembung yang bersarang asli Thailand, di mana mereka muncul secara alami di dekat Teluk Thailand. Mereka mendiami air yang tergenang di rawa, kolam, dan kolam. Mereka hanya ditemukan di perairan payau, dengan tingkat salinitas antara 1,1 dan 10,6 bagian per seribu.
Nama ilmiah: Betta mahachaiensis


6.Betta macrostoma
Cupang brunei atau Betta macrostoma merupakan jenis ikan cupang yang berasal dari Brunei dan Serawak. Ikan jenis ini dilindungi oleh Sultan Brunei apabila ada yang membawa keluar dari negara itu dapat dikenakan hukuman, akan tetapi ikan ini diekspor secara ilegal
Nama ilmiah: Betta macrostoma


7.Betta channoides
Cupang kepala-ular adalah sejenis ikan cupang dalam grup Albimarginata; dalam perdagangan dikenal sebagai Snakehead Betta. Ikan ini merupakan salah satu cupang alam yang cukup populer karena warnanya yang menarik dan keberadaannya yang mudah didapat.
Nama ilmiah: Betta channoides



8.Betta rutilans
Betta rutilans adalah spesies ikan cupang endemik di Indonesia. Habitat mereka adalah aliran air hitam dan hutan rawa gambut dengan sedikit sinar matahari. Nama rutilans adalah bahasa Latin untuk "kemerahan", "tumbuh merah", atau "merah".


9.Betta albimarginata
Betta albimarginata adalah spesies ikan cupang, endemik di pulau Kalimantan yang hanya ditemukan di provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Ini menghuni dangkal aliran hutan di antara tumbuh-tumbuhan dan puing-puing di sepanjang pantai. Spesies ini tumbuh hingga panjang 2,8 cm. Ini adalah spesies yang menjangkiti mulut.



10.Betta unimaculata
Betta unimaculata, Howong betta, adalah spesies ikan labirin endemik di pulau Kalimantan di mana ia hanya diketahui dari bagian timur pulau. Spesies ini tumbuh hingga panjang 12,6 cm TL, salah satu spesies Betta terbesar yang diketahui. Spesies ini juga ditemukan dalam perdagangan akuarium.



11.Betta Penang
Betta Penang adalah spesies ikan cupang yang berasal dari Asia Tenggara dan umum di aliran hutan yang cepat mengalir dari Semenanjung Melayu, Thailand, Sumatra, dan Kepulauan Riau. Selain kisaran aslinya, spesies ini telah diperkenalkan di Guam. Ini dapat ditemukan di antara vegetasi yang tumbuh di sepanjang tepi sungai.


12.Betta livida 
Betta livida adalah spesies ikan cupang endemik asal Malaysia, di mana ia hanya dikenal dari negara bagian Selangor. Ini adalah penghuni rawa gambut; tumbuh hingga panjang 3,6 cm


13.Betta chloropharynx
Betta chloropharynx adalah spesies ikan cupang endemik di Pulau Bangka, Indonesia. Itu menghuni sampah daun di kolam di hutan sekunder. Spesies ini tumbuh hingga panjang 5,9 cm.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perubahan Warna Air pada kolam udang Vaname

Panduan budidaya udang vaname air tawar Dan Perbandingan Pertumbuhan Budidaya Udang Vaname di Lingkungan Tambak Air Payau dan Tambak Air Tawar

Cara Membuat Kolam Terpal Bioflok