Kendala Pada Budidaya Udang Vanname


Kendala Budidaya Udang

Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi mengapa banyak petambak yang bergerak dalam budidaya udang Vaname. Udang merupakan salah satu komoditi ekspor maupun impor yang cukup besar. Ada banyak sekali orang yang menyukai udang karena rasanya yang memang sangat gurih dan lezat. Selain itu, udang juga dapat diolah menjadi berbagai jenis menu masakan dan yang paling utama adalah harga jual udang yang cukup tinggi memberikan banyak keuntungan finansial bagi para petambak maupun pedagang udang. Oleh karena itulah budidaya udang menjadi salah satu pilihan usaha.





#Mudahnya Budidaya Udang

Ada beberapa jenis udang yang busa dibudidayakan, seperti udang Vaname, udang galah, hingga udang Windu. Nah, jika anda ingin memulai untuk budidaya udang, maka ada beberapa persyarata yang harus dipenuhi, seperti:


  • Pastikan jika anda memiliki lokasi yang cocok dan sesuai untuk budidaya udang. Lokasi yang lapang dekat daerah pantai adalah lokasi yang cocok.

  • Selain itu, pastikan pula jika air yang akan digunakan untuk tambak udang adalah air yang bersih terhindar dari kotoran dan kontaminasi limbah berbahaya. Air payau adalah salah satu jenis air yang cocok dengan salinitas 0-33 ppt dan suhu optimal 26  30 C

  • Kolam untuk tambak juga harus memiliki saluran keluar masuk air secara terpisah

  • Persiapkan semua yang dibutuhkan dengan teliti dan cermat, mulai dari benur udang, pakan, obat obatan




  • #Kendala yang Dapat Ditemukan dalam Budidaya Udang

    Segala sesuatu pasti memiliki permasalahan atau kendala tersendiri, begitupun dengan budidaya udang. Ada beberapa kendala yang dapat ditemui dalam proses pembudidayaan ini adalah sebagai berikut:


  • Petambak pemula terkadang menemui berbagai macam permasalahan mulai dari keliru memilih pakan dan pupuk hingga panen yang tidak maksimal karena berbagai macam faktor.

  • Kualitas benur yang kurang baik juga bisa menjadi salah satu kendala gagalnya pembudidayaan udang.

  • Cuaca ekstrim. Udang juga harus disesuaikan tingkatan suhu dan cuacanya. Perubahan cuaca yang sangat ekstrim bisa menjadi satu kendala berarti dalam keberhasilan budidaya udang ini.

  • Penyakit atau virus. Ada beberapa contoh virus yang sering ditemui terjadi pada udang, misalnya virus udang windu seperti WSSV atau Myo.





    Contoh Penyakit Pada Udang


  • Bintik Putih. Penyakit ini bisa menyerah udang windu atau udang vaname. Penyakit ini disebabkan oleh virus SEMBV (Systemic Ectodermal Mesodermal Baculo Virus). Jika anda pernah melihat udang anda mati seketika secara masal dalam kurun waktu beberapa jam saja, maka itu adalah salah satu gejala dari virus ini. Perhatikan dengan seksama jika anda menemukan udang bergerak tak laxim dipermukaan dan mudah mati serta timbul bintik putih.

  • Selain putih, bintik Hitam juga merupakan salah satu contoh penyakit pada udang yang disebabkan oleh Virus MBV.

  • Udang juga bisa mengalami mencret, yang ditandai dengan kotoran yang putih. Udang yang mengalami mencret ini biasanya akan mengalami penurunan nafsu makan.
  • Komentar

    1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
      hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
      ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
      untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
      terimakasih ya waktunya ^.^

      BalasHapus

    Posting Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Perubahan Warna Air pada kolam udang Vaname

    Panduan budidaya udang vaname air tawar Dan Perbandingan Pertumbuhan Budidaya Udang Vaname di Lingkungan Tambak Air Payau dan Tambak Air Tawar

    Cara Membuat Kolam Terpal Bioflok